Lebih dari 10 Juta video view TANPA IKLAN

Adesense Sharingan - Ini adalah case study bagaimana postingan FP saya bisa mencapai lebih dari 500k+ share, 44m+ reach, dan 10m+ video view TANPA IKLAN, alias organik, seperti yang di posting Om Yudhis kemarin di sini: https://goo.gl/a7gH1n

Jadi begini cerita nya... (terima kasih yang sudah sabar menunggu)

Lebih dari 10 Juta video view TANPA IKLAN

KRONOLOGI

Awalnya saya ikuti tips dari pinned post untuk cari video viral. Saya ikuti dan sudah berhasil bikin saya senang dengan hasil 5k - 10k people reached setiap post video yang sudah viral sebelumnya, dan menurut saya ini sudah bagus banget. Setelah jalan beberapa post video, lalu saya bosan dan saya coba nekat gak ikuti kebiasaan kopas video.

Saya coba-coba cari bahan postingan dengan TG Stories > All. Awalnya pake keyword OMG, WOW, LOL, Incredible, Amazing, dst... Ternyata saya lupa keyword "Kucing", iya cuma satu kata dasar "Kucing", itu juga saran dari teman saya yang selalu menemani saya setiap malam :P

Setelah keluar semua hasil, saya pake tips salah satu member TG, ganjel tombol "End" buat scroll terus.

(red: ketika tulisan ini di tulis, The Graph blm ada fitur sort. Kalo sekarang bisa langsung pake fitur sort utk cari konten yg paling viral)

Setelah itu saya ketemu konten dari imgur di hasil pencarian tersebut (bukan video tapi link ke halaman web) ini http://imgur.com/gallery/bmFaD dengan like, komen, dan share nya jauh hasilnya dibandingkan postingan yang saya upload ini.

Tapi saya sebagai pecinta kucing (pecinta wanita juga sih) liat konten ini seneng banget lucu semua... Saya pikir kalo hanya share link tersebut ke FP Kucing saya gak akan menarik. Lalu, saya save satu-satu video di halaman tersebut, saya convert, saya gabungin, kasih musik, dan kasih cover thumbnail. Upload.

DUAAAAAR... Langsung meledak.

Semua serba kebetulan, tidak di sengaja.

Pertanyaannya adalah...

"Kenapa bisa viral banget kayak gitu?"

Hasil diskusi dengan om Yudhis kemarin malem, ada 4 hal penting yang bisa saya simpulkan.

1. RESEARCH

Di sinilah The Graph (TG) berperan sangat penting untuk research konten-konten viral. Tapi jangan lihat konten viral hanya dari interaksinya aja, lihat juga konten nya.

Jangan terpaku dengan jenis post video aja, cari juga jenis post yang lainnya. Explore sedalam-dalamnya, pake tips ganjel tombol "End".

Posisikan diri sebagai audience yang akan melihat konten tersebut. Lihat apakah konten tersebut cukup mengena dari segi emosional.

Kita bisa nemu konten yang interaksinya masih sedikit tapi sangat mengena dari segi emosional dan sangat berpotensi untuk jadi viral.

Mungkin karena jenis post yang kurang engaging seperti link ke web imgur yang saya temukan. Dan bisa jadi viral banget ketika post tsb di ubah jenis nya jadi jenis post yg engaging yaitu VIDEO.


2. CREATE

Memang cara paling gampang untuk memviralkan sebuah post adalah mencontek post2 lain yang udah terbukti viral.

Tapi ada 1 masalah.

Kalo kita kopas dan upload ulang mentah2 video viral, memang hasilnya cukup viral TAPI gak akan seviral ASLINYA.

Kenapa?

Post yang udah viral banget itu udah banyak banget yang lihat. Katakanlah 10 juta view.

Kalo kita publish ulang post tersebut dan dilihat oleh orang-orang yang udah pernah lihat konten tersebut, maka orang yang udah pernah lihat dan nge-share gak akan share untuk kedua kalinya.

Solusinya adalah CREATE.

Bikin sendiri yang UNIK. Kalo kita blank dan gak ada ide untuk bikin sesuatu yang baru dan unik, cari video viral pake The Graph dan bikin KOMPILASI, seperti yang saya lakukan. :)

- Cari Video

Gunakan The Graph utk research seperti di step 1 di atas.Pilih, potong dan gabungkan beberapa video jadi sebuah video yang unik.Kalo saya pake mac, saya pake software screenflow: http://www.telestream.net/screenflo...

- Kasih Musik

Jangan lupa tambahkan musik untuk MEMPERKUAT EMOSI di video tsb. Kalo video nya lucu, cari musik yang fun. Kalo video nya sedih, cari musik yang bikin makin mengharukan.Sumber musik gratisan: http://www.bensound.com/

- Call to Action

DI AKHIR VIDEO tambahin kata2 like, comment dan share.

Ini PENTING!!! Di akhir video nya ya, BUKAN di status nya.

Salah satu buktinya adlaah pengikut akun Instagram saya bertambah RIBUAN dalam 3 hari. Ketika emosi audience memuncak setelah melihat video, mereka akan lebih gampang di persuasi untuk melakukan sebuah tindakan yg kita minta yaitu like, comment, dan share.

INGAT: Status / caption di baca SEBELUM play video dan orang akan share SETELAH nonton video...

3. PUBLISH

Ada 2 hal penting ketika kita memposting konten viral di FP kita yaitu: caption dan timing.

- Caption

Disini lah copywriting berperan penting.

Saya sih tadi cuman nulis mengalir aja, berdasarkan diskusi tadi malem dengan om Yudhis, caption / text yg saya tulis di video tsb adalah salah satu mental trigger dalam copywriting yaitu curiosity. Rasa penasaran.

Dan rasa penasaran ini lah akan yang mendorong orang untuk PLAY videonya.

Kemudian kita tambahkan kata2 ekspresi untuk memperkuat emosinya, seperti: OMG, WTF, LOL, dsb...

Nah pemilihan kata2 ini juga jangan sembarangan.

Setelah melakukan riset, kata “AWWW” lebih sering digunakan orang ketika komentar di post-post kucing yang lucu.Jadi...

Proses research dengan The Graph di poin nomer 1 tadi sangat penting utk benar2 memahami target audience kita. :)


4. REACH

Setelah kita publish kontennya di FP, untuk jadi viral harus ada orang yang melihat.

Ada 2 LEVERAGE atau daya ungkit agar makin banyak orang yang melihat konten kita.

Daya ungkit yang udah di bahas di group ini yaitu:
1) FB ads, dan
2) Tag friend.

Pernah FB ads, namun saya kurang berani modal untuk kegiatan "iseng-iseng" ini. Jadi saya gak bisa menggunakan 2 daya ungkit tsb utk menjangkau lebih banyak orang.

Pada awalnya saya cuman mengandalkan fans FP saya (awalnya 4k fans) aja untuk melihat post dan “berharap” di share.

Nah disinilah secara tidak sengaja saya menemukan DAYA UNGKIT ke 3 yang belum pernah di bahas di group ini. Apa itu? JENG... JENG...

Saya menemukan daya ungkit ini ketika mencari tau siapa saya yang share video saya tsb dengan menggunakan The Graph seperti ini:

>> http://on.fb.me/1FJL1wP

Nah disitu lah saya melihat banyak INFLUENCER (FP yang like nya banyak banget) yang share video saya.

Seperti ini: http://take.ms/REvJZ

Pertanyaan saya berikut nya adalah...

“Kok bisa mereka share video saya? Tau dari mana?”

Saya mulai obok-obok timeline influencer dan mencari tau adakah orang yang memberi tahu post saya kepada mereka lewat komentar atau visitor post.

Saya cek di bagian sidebar kiri bagian visitor post seperti ini: http://take.ms/ez0ZB

Ternyata ADA yang ngasih tau para influencer lewat visitor post.

Daya ungkit ke 3 itu adalah VISITOR POST.

Jadi ada beberapa orang (akun asli, bukan akun klonengan punya saya) yang share link postingan saya di wall para influencer.

Ini salah satu nya: http://take.ms/lmq99

Visitor post di wall para influncer gak kalah penting nya dengan ads.

Ketika mereka share postingan kita, postingan tersebut akan menjadi VIRAL BANGET... NGET... NGET....

MENCARI INFLUENCER

1. Gunakan Search Page

Kita bisa mencari fanspage besar untuk memposting visitor ini lagi dengan menggunakan The Graph di bagian Page search, contohnya:

- cari FP besar di niche kita -> gunakan topic atau keyword

- cari FP yang similar dengan FP besar di niche kita

Kemudian lihat apakah mereka lebih sering share atau upload ulang.

Kalo mereka lebih suka upload ulang, jangan tulis visitor post di wall mereka.

Nanti malah video kita di upload ulang dan yang viral bukan post kita tapi post mereka sendiri :3

>> http://take.ms/m5Jrd
.
.
2. Gunakan Search Stories

Cara lain cari influncer yang mau share adalah dengan mencari video viral dengan niche sejenis dan siapa yang share postingan tsb.

Lagi-lagi research nya The Graph, fitur search stories.

- cari viral post topik sejenis: http://take.ms/aAbFf

- cari FP besar yang share postingan FP lain: http://take.ms/z0MRK

- perluas pencarian influncer dengan cara: http://take.ms/HLZZ5

Kemudian copy judul video nya dan search lagi pake TG.

Seperti yang saya lakukan untuk mencari siapa saja yang share postingan sebelumnya:

>> http://monosnap.com/file/pidkQOBbSs...

>> http://on.fb.me/1FJL1wP


TIPS

Jangan lupa like FP influencer tsb dari FP kita (like dari akun FP bukan sebagai akun profile) biar gak lupa dan bisa kita approach mereka lagi dengan visitor post di kemudian hari.


KESIMPULAN

1. The Graph hanyalah alat bantu.Sebuah senjata. Orang yang memegang senjata itulah yang paling menentukan.

2. Pahami konten dan audience.Jangan hanya lihat dari jumlah interaksinya tapi pahami betul apakah konten akan menyentuh audience dari sisi emosional.

3. Create better than copy.
Kalo gak bisa create dari nol, bikin kompilasi.

4. Call to actionCaption / text status bertujuan agar orang play video.Call to action untuk share sebaiknya ada di akhir video.

5. Jangkau lebih banyak orang.
Gunakan daya ungkit.

Sekian dulu.. Semoga bermanfaat buat semua member TG :)

Jangan lupa tinggalin komentarnya :D

Salam,
Finan*edited biar gak pusing bacanya :)