Menghidupkan lampu dengan Raspberry Pi

dengar kata raspberry pi apa yang sobat pikirkan kali ini? kali ini cangkal membuat simulasi smart home atau rumah pintar menggunakan raspberry pi. simulasi yang dilakukan kali sederhana saja sob, kita coba menghidupkan dan mematikan lampu menggunakan raspberry pi, ibaratnya centre controller nya yaitu raspberry pi. dan switch digital otomatis nya menggunakan relay 5v single channel. untuk memperjelas rangkaiannya cek gambar diagram di bawah ini (saya comot di situs ini https://www.iotgadgets.com/ karena simulasi yang cangkal praktekkan kurang lebih seperti gambar tersebut.

pas minggu kemaren cangkal beli di toped untuk rangkaian ini, harganya cukup murah sob karena cangkal sudah punya raspberry pi, jadi tinggal komponen pendukung aja untuk dibeli seperti relay 5v single channel dan kabel jumper female to female. tapi karena harganya lebih murah dari ongkir jadinya belinya ditambah-tambah deh dengan breadboard, dan type kabel jumper variasi lainnya seperti male to male dan female to male. jadi total belanjaannya jadi segini sob hahahaha


nah ok sob perlengkapan sudah lengkap lanjut kita rangkai satu persatu, owh iya raspberry pi disini sudah terhubung ke jaringan jadi untuk akses raspberry pi cukup dengan remote ssh menggunakan putty.

untuk menghubungkan antara raspy, relay 5v, dan lampu menggunakan kabel jumper tadi ya sob. nah pertama-tama kita hubungkan raspy dengan relay 5v. untuk di raspy terdapat pin GPIO yang mana tiap pin bermacam-macam kegunaannya seperti gambar di bawah ini.

berdasarkan fisik board

berdasarkan GPIO


ok sob, pin yang kita sambung ke relay 5v berdasarkan fisik adalah pin 2 (5v), pin 6 (Ground) dan pin 7 (GPIO 4). sedangkan untuk di pin relay input menyesuaikan VCC (pin 2), GND (pin 6) dan IN (pin 7). nah penyambungkan antara raspy dengan relay sudah selesai

lanjut penyambungan antara relay dengan lampu, disini cangkal menggunakan lampu DC dan sumber listrik dari aki kering. untuk output dari relay ada 3 jalur yaitu NO, COM, NC. yang kita gunakan hanya NO dan COM. jadi COM jalur positif ke aki dan NO jalur positif ke mampu. sedangkan ground langsung direct dari aki ke lampu.


semua rangkaian sudah terpasang sekarang yaitu bagaimana caranya si raspy mengirim pesan ke relay untuk on atau off lampu. nah disini sedikit script python bermain yang mana GPIO 4 tadi berperan sebagai kurir pesan dari raspy ke relay.

yang cangkal bilang di awal tadi raspy sudah terhubung di jaringan jadi cukup dengan remote ssh kita sudah bisa akses si raspy. sudah masuk terminal raspy sob langsung ketik command ini untuk membuat script python mengidupkan lampu
nano relay_on.py
tulis script menghidupkan lampu ini sob
import RPi.GPIO as GPIO
GPIO.setmode(GPIO.BCM)
GPIO.setup(4,GPIO.OUT)
GPIO.output(4,False)


buat script python untuk mematikan lampu
nano relay_off.py
tulis script untuk mematikan lampu
import RPi.GPIO as GPIO
GPIO.setmode(GPIO.BCM)
GPIO.setup(4,GPIO.OUT)
GPIO.output(4,True)
GPIO.cleanup()


untuk menjalankan script menghidupkan lampu di atas lakukan command ini sob
sudo python relay_on.py
mematikan lampu jalankan command dibawah ini
sudo python relay_off.py

untuk hasil dari simulasi ini bisa cek video ini sob, cukup mudah kan sob? nanti kita kembangkan lagi sob ya supaya gak pake command line.