mudahnya screenshot di linux

bikin tutorial rasanya kurang jelas apabila tutorial tersebut gak disertakan gambar, betul gak sob?. cangkal kali ini mau berbagi tips bagaimana cara screenshot di linux. distro linux yang cangkal gunakan adalah lubuntu, ini adalah versi ringannya ubuntu. maklum sob cangkal make laptop jadul alias zaman old hahahaa.,,

cara mudah untuk screenshot di lubuntu adalah install aplikasi namanya shutter. shutter apabila kalian familiar di microsoft windows sering dikenal yaitu snipping tools.

cara install shutter sangat mudah yaitu menggunakan Lubuntu Software Center (button menu --> system tools --> lubuntu software center).

 

pada jendela lubuntu software center di menu search, ketik "shutter", klik "add to apps basket", kemudian kita ke menu apps basket, klik "install packages". proses download & instalasi dimulai sampai selesai.

instalasi shutter menggunakan lubuntu software center
apabila sukses instalasi shutter, maka akan terpasang pada menu accessories-->shutter.


sampai disini kita kita sudah berhasil install shutter sebagai aplikasi screenshot. lanjut cara penggunaanya ya sob. cara penggunaanya sangat mudah kok sob, ada beberapa cara screenshot di aplikasi shutter ini yaitu :
  1. selection, mengambil screenshot di bagian yang dipilih saja.
  2. desktop, mengambil screenshot semua desktop.
  3. windows under cursor, mengambil screenshot dengan klik kursor di jendela mana yang ingin di screenshot.
  4. select windows, mengambil screenshot dengan memilih window yang aktif.
  5. menu, mengambil screenshot menu yang kita pilih contoh gambar-gambar yang ada di tutorial ini.
nah gimana sob, sangat mudah kan? jadi bikin-bikin tutorial screenshotnya pake shutter ini.