Cara Memasang Iklan Audience Network Untuk Blogger dan Wordpress


Cara Memasang Iklan Audience Network Di Dalam Facebook Instant Articles

Setelah pengajuan Instant Articles diterima dan artikel sudah bertatus "Live" (tayang), kamu mulai bisa mencari dollar dari Facebook melalui sebuah program yang bernama Audience Network. Sederhananya sih, Audience Network ini AdSense versi Facebook, tapi hanya bisa tayang di dalam Instant Articles. Untuk pengertian komplitnya, kamu bisa cari di artikel-artikel sebelumnya. Baca dulu deh biar nggak bingung. Artikel lanjutan ini akan berfokus pada cara pasang dan aktifkan iklan Audience Network di dalam Instant Articles.


1. Setting Akun Pembayaran (Payment Account)

First thing first, kamu perlu mengaktifkan fitur iklan Audience Network. Setelah aktif pun harus banget langsung melengkapi data dari akun pembayaran. Karena biasanya iklan nggak bakal muncul kalau data pembayaran belum diisi. Untuk melakukannya, kamu bisa baca artikel Cara Mengisi Akun Pembayaran Iklan Audience Network.

2. Buat Unit Iklan dan Ambil Kodenya

  1. Masuk ke dashboard Audience Network. Caranya: buka Fanspage yang sudah lolos review » Publishing Tools » Configuration » Audience Network » Your Dashboard.
    Cara Ambil Kode Iklan Audience Network Facebook

  2. Akan terbuka sebuah tab baru yang merupakan tampilan dashboard keseluruhan aplikasi. Bookmark deh halaman ini, karena bakal sering dibuka dan dicek.

  3. Masuk ke menu Placement. Disana sudah otomatis terdapat satu unit iklan. Nggak usah bikin unit iklan baru, yang ini juga cukup kok. Klik tombol Get Code dan copy kode yang muncul.
    Cara Memasang Iklan Audience Network di Instant Articles Facebook

3. Cara Pasang Kode Iklan Ke Dalam Artikel

Cara memasang kode iklan Audience Network Facebook buat platform Blogger (Blogspot) dan Wordpress itu berbeda. Saya jelaskan satu-persatu ya.

3.1. Pasang Kode Iklan Untuk Blogger

Bisa dibilang, pemasangan iklan Audience Network untuk Blogger ini adalah versi manual. Tapi caranya gampang kok. Cukup copy kode iklan yang sudah didapatkan ke dalam artikel produksi.
  1. Buka menu Instant Articles di Fanspage. Masuk ke Production Articles dan edit artikel yang sudah ada dengan klik ikon pensil.
    Cara Memasang Iklan Facebook Audience Network Di Blogger

  2. Copy kode iklan yanng sudah didapatkan ke dalam artikel. Bisa di atas, tengah, atau bawah. Bebas, suka-suka kamu. Kalau sudah, jangan lupa klik Save. Dan iklannya bisa dipasang lebih dari satu lho! Kalau mau menampillkan 10 iklan, simpan kodenya di 10 tempat. Tapi tetap ada syaratnya. Iklan nggak boleh terlalu berdekatan satu sama lain. Info lengkap tentang batasan jarak iklan bisa kamu baca dibawah di bagian Jarak Iklan Audience Network. Atau kalau mau lebih enak lagi, iklan bisa diletakkan otomatis menyesuaikan kepadatan kata. Kode iklan cukup ditulis sekali dan iklan akan muncul berkali-kali. Tutorialnya silakan baca di Cara Mengaktifkan Penempatan Iklan Otomatis Di Audience Network.
    Cara Memasang Iklan Facebook Audience Network Di Blogspot

  3. Artikel yang sudah diedit akan berubah status. Tadinya Live, sekarang menjadi Unpublished. Terbitkan ulang artikel dengan cara mencentang kotak di pinggir » klik tombol Actions » pilih Publish.
    Cara Pasang Iklan Audience Network Untuk Blogger

3.2. Pasang Kode Iklan Untuk Wordpress

Bergembiralah para pengguna Wordpress karena banyak plugin yang bisa meringankan pekerjaan dan menghemat banyak waktu. Saya anggap kamu pakai plugin Instant Articles for WP seperti yang sudah dijelaskan di cara membuat Instant Articles untuk Wordpress. Scroll sampai pada bagian Ads dan isi datanya seperti contoh dibawah.
  1. Ad Type
    Pilih Facebook Audience Network.

  2. Audience Network Placement ID
    Perhatikan kode iklan yang sudah diambil tadi. Contohnya kaya gini:
    <figure class="op-ad">
    <iframe width="300" height="250" style="border:0; margin:0;" src="https://www.facebook.com/adnw_request?placement=160404012345678_160404987654321&adtype=banner300x250"></iframe>
    </figure>
    Maka 160404012345678_160404987654321 adalah placement IDnya. Copy angka tersebut untuk diisikan di form ini.

  3. Yang lainnya biarin aja kosong. Setelah diisi, scroll kebawah dan klik tombol Save changes.
Cara Memasang Kode Iklan Audience Network Di Wordpress

PENTING UNTUK WORDPRESS.
Iklan hanya akan muncul otomatis di artikel baru, terhitung setelah pengaturan diatas diterapkan. Untuk memasang iklan di artikel lama, kamu harus pakai cara manual seperti Blogger.


4. Jarak Iklan Audience Network

Iklan Audience Network nggak bisa dipasang terlalu berdekatan karena akan menggangu pembaca. Masa iya mereka cuma liat iklan doang, sementara isi bacaannya malah sedikit. Ketentuan jarak iklan Audience Network adalah:
  1. Iklan pertama harus didahului oleh minimal 50 kata.

  2. Jarak antara iklan satu dengan lainnya harus dipisahkan oleh minimal 0 kata.

  3. Gambar, video, slideshow atau embed iframe dihitung 70 kata.
Semakin panjang artikel, artinya semakin bagus karena kamu bisa memasukkan iklan semakin banyak. Tapi perlu diperhatikan juga peletakannya biar nggak terlalu menggangu pembaca.

Tutorial Cara Pasang Iklan Audience Network

Ayo segera aktifkan dan pasang iklan Audience Network di dalam Instant Articles agar bisa mendapatkan uang dari Facebook. Ini bisa jadi alternatif Adsense lho. Dan penghasilannya bisa gede banget kalau serius mengerjakannya. Masa Facebook cuma dipake buat stalking doang. Kan udah nggak jaman. Manfaatkan media sosial sebagai tempat menghasilkan dollar.

Budayakan kasih komentar kalau udah baca. Dan jangan cuma dibaca, tapi praktekan juga. Semoga sukses dan beruntung.

https://developers.facebook.com/docs/instant-articles/monetization/ad-placement