Cara Pasang Widget Fanspage Facebook Di Blog


Cara Pasang Widget Fanspage Facebook Ke Blog

Masuk ke tutorial yang sangat ringan dan casual, yaitu tentang cara pasang widget sukai halaman Facebook di blog karena ternyata masih banyak temen-temen blogger yang kesulitan untuk melakukannya. Dulu yang dipake adalah "Like Box". Tapi sejak dirilisnya Graph API v2.3, Like Box ini resmi dimatikan dan diganti oleh "Page Plugin" yang sekarang akan dibahas oleh igniel.com.

Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan traffic yang besar dari sana. Salah satu cara untuk menjaring traffic dari Facebook adalah melalui halaman, atau yang lebih populer disebut Fanspage. Gini deh...anggap Fanspage kamu udah punya 10.000 liker. Maka sekali membagikan link, postingan itu akan dilihat oleh 10.000 orang. Dan ketika ada pengguna Facebook yang share, postingan itupun akan ikut terlihat oleh teman-teman dari 10.000 liker tersebut. Potensi tersebarnya link menjadi berlipat lagi. Cukup menggiurkan dan bisa banget jadi tambahan traffic selain murni dari SEO.

Dan setiap visitor blog nggak selalu jadi liker lho. Memasang widget Fanspage di blog ini akan memperbesar kemungkinan mereka untuk mulai menyukai halaman karena setiap berkunjung ke blog, widget ini pasti keliatan. Ayok deh langsung ke tutorialnya.

Tutorial Memasang Widget Page Plugin Facebook Di Blog

  1. Buka halaman resmi Page Plugin.

  2. Pada bagian Facebook Page URL, tuliskan alamat Fanspage kamu.

  3. Untuk bagian Tabs, secara default akan tertulis timeline. Artinya widget kamu akan otomatis memuat postingan Fanspage. Kalau nggak mau menampilkan postingan, hapus dan kosongin aja kotaknya.

  4. Untuk Width dan Height kosongin aja biar otomatis menyesuaikan dengan ukuran blog.

  5. Lainnya nggak usah diganti. Standarnya sih gitu. Tapi kalau mau ada yang ditambah atau dikurangi lagi ya silakan aja.

  6. Kalau udah, klik tombol Get Code dan akan terdapat dua kode.
    Cara Memasang Widget Page Plugin Facebook

  7. Buka akun Blogger dan masuk ke settingan HTML.
    Kode pertama: simpan SETELAH / DIBAWAH tag <body>.
    Kode kedua: simpan dimanapun kamu mau memunculkan plugin Fanspage Facebook ini. Umumnya sih di sidebar ya. Jadi pada Blogger, masuk ke menu Layout (Tata Letak) » pastikan udah ada di area sidebar » Klik Add a Gadget » Pilih HTML/Javascript » paste kode kedua » klik tombol Save.
    Cara Pasang Plugin Fanspage Facebook di Blog

Jika berhasil, maka hasilnya bakal kaya gini.

Tambahan (Opsional)

Kalau kamu punya aplikasi Facebook sendiri, tampilan page plugin bakal sedikit beda. Disana bisa milih aplikasi mana yang mau diintegrasikan dengan widget Fanspage Facebook. Dan di bagian kodenya pun ada tambahan.

Trus bakal ada analytics-nya juga loh! Jadi kamu bisa memantau pergerakan traffic yang datang melalui plugin Fanspage yang dipasang di blog ini. Tampilan analytics bisa dicek di dashboard aplikasi Facebook masing-masing.
Cara Buat Widget Sukai Halaman Facebook

Mau bikin aplikasi dulu ataupun nggak, itu tergantung selera masing-masing. Selamat mencoba ya.