Messenger Kids, Aplikasi Chatting Khusus Anak-anak Dari Facebook


Messenger Kids, Aplikasi Chatting Khusus Anak-anak Dari Facebook

Saat ini, orang tua semakin mengizinkan anak-anak untuk memiliki smartphone dan mengakses internet. Apakah tidak timbul pertanyaan dan kekhawatiran tentang konten apa saja yang mereka akses? Bisa saja konten tersebut tidak sesuai dengan usianya yang sekarang. Sementara orang tua tidak bisa mendampingi anaknya terus-menerus karena kesibukan lain. Facebook paham masalah ini, dan mereka menciptakan aplikasi baru sesuai dengan kebutuhan orang tua untuk mengawasi anaknya dalam mengakses konten di internet.

Dan kabar baiknya, pada tanggal 4 Desember 2019 Facebook memperkenalkan Messenger Kids, aplikasi chatting khusus untuk anak usia 13 tahun kebawah. Messenger Kids ini adalah jawaban dari keresahan para orang tua. Facebook membantu orang tua menyaring dan membatasi konten yang cocok ditampilkan untuk anak, terutama dalam hal komunikasi digital. Messenger Kids dapat digunakan oleh anak di smartphone mereka sendiri, namun tetap dikendalikan penuh melalui akun Facebook pribadi orang tua. Facebook memberikan solusi yang menyenangkan dan aman bagi anak dan orang tua.

Messenger Kids adalah aplikasi chatting, panggilan telepon, dan pesan video gratis yang dirancang untuk anak-anak sehingga mereka dapat terhubung dengan keluarga dan kerabat dekat melalui smartphone. Anak-anak hanya dapat terhubung dengan kontak yang telah disetujui orang tua sehingga menciptakan lingkungan yang lebih terkontrol. Lega bukan, anak tidak akan bisa berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal. Semua itu dikendalikan melalui panel Messenger Kids Controls di aplikasi Facebook utama milik orang tua.

Satu hal yang cukup mengejutkan dan membuat saya pribadi merasa salut adalah orang tua tidak bisa memata-matai isi chat anak secara diam-diam. Orang tua harus meminta izin untuk melihat isi obrolan Messenger Kids milik anak. Ini mengajarkan anak tentang batasan privacy dan menunjukkan bahwa mengintip itu tidak baik. Jangan khawatir, isi obrolan tidak dapat hilang atau disembunyikan karena hanya orang tua yang bisa menghapus pesannya. Orang tua bisa mengecek isinya jika memang diperlukan.

Facebook Rilis Messenger Kids untuk Anak-anak

Messenger Kids Yang Menyenangkan Untuk Anak

Messenger Kids dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Seperti kirim gambar, video, stiker, emoji, frame, mask 3D, serta berbagai filter lucu dan menarik yang disesuaikan untuk anak-anak. Ada juga koleksi efek suara untuk membuat percakapan lebih hidup. Facebook memastikan semua GIF yang dikirim melalui Messenger Kids aman untuk anak dan tidak mengandung unsur-unsur dewasa.
Facebook Rilis Messenger Kids untuk Anak 13 Tahun ke Bawah

Facebook Luncurkan Messenger Kids Khusus Anak


Orang tua dan keluarga dekat lain (seperti kakek dan nenek) dapat melakukan chatting, panggilan telepon, dan pesan video dengan anak melalui Messenger normal milik mereka. Orang tua tidak perlu menambahkan aplikasi lain lagi.
Messenger Kids, Fitur Sayang Anak Versi Facebook

Tidak Perlu Akun Facebook Untuk Anak

Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke Messenger Kids, bukan berarti mereka mendaftarkan anaknya ke Facebook juga. Messenger Kids adalah aplikasi terpisah dan berdiri sendiri. Jadi anak tidak akan memiliki akun Facebook jika telah mendaftar ke Messenger Kids. Ini berkaitan dengan peraturan Facebook, dimana batas usia minimal ketika mendaftar adalah 13 tahun. Nomor telepon juga tidak diperlukan ketika mendaftar Messenger Kids.

Tidak Ada Iklan Untuk Melindungi Privasi Anak

Messenger Kids tidak menampilkan iklan dan informasi pribadi anak tidak akan digunakan untuk iklan apapun. Semuanya gratis dan tidak ada fitur tambahan lain yang berbayar. Messenger Kids dirancang untuk mematuhi Undang-Undang Privasi dan Perlindungan Online Anak (COPPA).

Ketika anak menginjak usia 13 tahun, akun mereka tidak akan otomatis berubah menjadi akun personal Facebook. Mereka pun tidak serta-merta dikeluarkan dari Messenger Kids. Hanya akan dihimbau melalui notifikasi untuk membuat akun pribadi Facebook tanpa ada paksaan apapun.

Untuk saat ini, Messenger Kids baru tersedia versi Beta di App Store milik iOS (iPad, iPod touch and iPhone) regional Amerika Serikat. Tapi jangan khawatir, karena Facebook sudah berencana untuk merilis versi Android (Google Play) dan tablet Amazon Fire (Amazon App Store) dalam waktu dekat. Negara pendukungnya pun akan ditambah. Berdoa saja semoga Indonesia termasuk yang cepat mendapatkannya.

https://newsroom.fb.com/news/2019/12/introducing-messenger-kids-a-new-app-for-families-to-connect
https://techcrunch.com/2019/12/04/facebook-messenger-kids