Pengertian Email dan Manfaatnya





Apa itu email dan apa manfaat mempunyai email? Email saat ini sudah sangat banyak dipergunakan karena layanannya yang mampu memudahkan pekerjaan seseorang, termasuk di Indonesia.
Pengertian Email dan Manfaatnya

Layanan internet yang semakin berkembang dan mudah didapatkan, membuat email juga semakin banyak dipakai.

Dengan kemudahan yang diberikan, banyak orang yang beralih ke e-mail. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantor, pemilik website, atau siapapun itu.

Pengertian Email


Lalu apa pengertian email? Email merupakan singkatan dari Electronic mail (Surat elektronik). Definisi email adalah layanan elektronik yang digunakan untuk mengirim surat melalui jaringan komputer.

Dengan keunggulannya, e-mail dirasa semakin perlu dan berguna dalam membantu pekerjaan seseorang. Oleh karena itu perlu bagi seteiap kita untuk memiliki sebuah e-mail.

Penyedia email yang paling populer saat ini adalah layanan email milik yahoo dan google (disebut Gmail). Satu orang dapat membuat lebih dari satu email untuk keperluan yang berbeda.

Sejarah Email


Penggunaan email sudah ada sejak tahun 1960-an. Saat itu masih belum ada layanan internet, tapi hanya ada jaringan komputer dalam skala kecil. Pada tahun 1980-an barulah email dapat digunakan secara luas.

E-mail dibuat untuk menggantikan peran pos dalam mengantar surat. Selain gratis, email juga akan mempercepat proses kirim mengirim surat. Dengan kelebihannya, semakin banyak yang beralih ke e-mail dan mulai meninggalkan pos.

Fungsi dan Manfaat Email


Di bawah ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan manfaat email.

Fungsi Email


Fungsi email adalah untuk mengirim surat atau pesan kepada orang lain. Kelebihan atau keuntungan yang didapatkan dari e-mail adalah gratis dan efisien dalam penggunaannya.

Manfaat Email


Email memilik banyak kegunaan bagi penggunanya. Manfaat email atau kegunaannya tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Alat komunikasi


Anda dapat berbincang-bincang kepada orang lain secara pribadi menggunakan layanan email.

2. Berbagi informasi


Email juga digunakan untuk memberikan informasi. Suatu website biasanya akan secara rutin memberikan informasi kepada member atau pelanggannya, baik itu berupa artikel maupun pengumuman. Informasi ini juga dapat dikirim langsung ke banyak orang hanya dengan sekali kirim.

3. Mengirim file


E-mail dapat digunakan untuk mengirim file atau berkas ke alamat email seseorang dengan menggunakan fitur attachment. File yang dikirim dapat berupa format apa saja, misalnya teks, gambar, video, dan sebagainya.

4. Melakukan promosi


Anda bisa memasarkan produk dengan mudah melalui email. Maka dari itu, bagi pebisnis online perlu untuk mengetahui e-mail dari setiap pelanggannya.

5. Mendaftar di sebuah situs


E-mail biasanya menjadi salah satu syarat jika ingin mendaftar di suatu website. Misalnya jika ingin mendaftar di media sosial, bergabung dalam forum online, dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Email


Pesan yang dikirim melalui email akan melalui beberapa komponen sebelum sampai ke tujuan. Pertama email dikirim melalui jaringan internet. Setelah itu melewati POP3 server sebelum akhirnya diterima email client dan dibaca oleh penerima.

Demikian artikel dari Arlina Design mengenai Pengertian Email dan Manfaatnya. Selanjutnya lihat tutorial mengenai cara membuat email. Semoga bermanfaat.