upgrade lisensi mikrotik chr menggunakan prepaid keys

halo sob, kali ini kita mencoba cara mengupgrade lisensi mikrotik CHR (cloud host router), kenapa diupgrade? karena kemaren saya menggunakan lisensi trial (3 bulan) dan sekarang sudah mendekati masa expired seperti gambar di bawah ini. langsung aja sob ikuti langkah-langkah upgrade lisensi CHR menggunakan prepaid keys.


sebelum memulai upgrade, kita perlukan adalah prepaid keys nya dulu ya sob, dimana mendapatkannya? kalo saya kemaren beli di salah satu akun fb yang jual lisensi mikrotik Level 4 Rp. 150.000,- atau bisa di situs resmi mikrotik , L4 ini setara dengan lisensi CHR P1-Perpetual. Oke kita lanjut ya.

di gambar di bawah ini yang mau saya upgrade lisensinya adalah yang di baris pertama (expired 2019-05-30)


selanjutnya klik upgrade pada baris CHR yang mau saya upgrade, nanti akan dirahkan form upgrade license. sesuaikan level dengan prepaid keys yang kita punya, yaitu P1-Perpetual



setelah itu kita akan diarahkan pada form payment, dikarenakan saya tidak memiliki balance di situs mikrotik.com kama akan tampil notif merah seperti gambar di atas. tetapi kita abaikan saja karena kita sudah memiliki prepaid keys.

pilih tombol pay using prepaid keys , apabila tidak ada kendala maka kita diarahkan kembali ke list CHR dan lisensi CHR yang kita upgrade tadi sudah berubah seperti gambar dibawah ini.


dari sini kita sudah selesai untuk upgrade lisensi CHR pada situs mikrotik.com nah selanjutnya adalah memasang lisensi yang baru pada CHR saya saat ini. caranya adalah ke menu system --> license dan pilih renew license.


isikan field account, passoword, dan level pada form renew license. setelah itu pilih start


maka lisensi pada CHR kita sudah berhasil dipasangkan dengan lisensi yang terupdate.

sampai disini dulu sob cara mengupgrade lisensi CHR semoga bermanfaat.

regards,
cangkal