RESMI! Blogger Sudah Support SSL (HTTPS) Untuk Custom Domain


Cara Mendapatkan HTTPS (SSL) Di Blogger Custom Domain Sendiri

Menjelang 2019 ada kabar bahagia buat semua pengguna platform Blogspot dari blogger.com
Mereka melakukan satu update krusial yang ditunggu banyak orang, yaitu disediakannya dukungan HTTPS (SSL) untuk Blogger custom domain (com, net, org, dll).

Loh bukannya dari dulu emang udah bisa?
Iya udah. Tapi hanya akan tersedia kalau masih pakai subdomain bawaan. Misalnya:
https://namablog.blogspot.com
https://akublogger.blogspot.com
Dan lain sebagainya. Sedangkan untuk custom domain belum tersedia.

Di artikel yang lalu saya pernah membahas cara memasang https (SSL) di Blogger custom domain. Disana dijelaskan kalau kamu butuh bantuan dari Cloudflare agar bisa melakukannya. Kali ini berbeda, karena kamu udah nggak perlu tuh pakai Cloudflare atau penyedia SSL lain. Semuanya murni pakai fitur bawaan dari Blogger. Enak banget kan udah nggak seribet dulu.

Cara Pasang dan Aktifkan HTTPS (SSL) Pada Blogger Custom Domain

Untuk mengaktifkan, lakukan beberapa langkah berikut:
  1. Masuk ke https://draft.blogger.com

  2. Pergi ke menu Settings, lalu submenu Basic

  3. Disana akan ada pilihan HTTPS Availability. Pilih Yes. Lalu halaman akan me-reload dengan sendirinya. Artinya settingan sukses.
    Cara Mengaktifkan SSL Blogger Custom Domain


  4. Tunggu dulu sekitar 5-10 menit agar warning berikut hilang!
    Cara Memasang HTTPS SSL Blogspot Domain com net


  5. Sudah? Coba reload halamannya. Maka pilihan HTTPS Redirect akan tersedia. Pilihlah Yes. Ini berfungsi agar semua pengunjung akan otomatis dialihkan ke URL yang sudah diset SSL. Maksudnya, kalau ada pengunjung yang hanya mengetik http://www.igniel.com, maka dia akan otomatis dialihkan ke https://www.igniel.com
    Cara Mengubah HTTP ke HTTPS di Blogger Custom Domain Sendiri


  6. Cek lagi address bar browser. Sekarang blog kamu sudah punya icon gembok warna hijau. Artinya kamu sukses memakai SSL di Blogger custom domain.

Kelebihan dan Kekurangan

Sekarang ayok kita bahas kelebihan dan kekurangan dari pemakaian SSL Blogger custom domain ini.

Kelebihan

  1. Blog terlihat lebih terpercaya di mata browser dan pengunjung.

  2. Blog terlihat lebih profesional. Apalagi selama ini pengguna Blogspot kerap dipandang sebelah mata oleh segelintir pihak karena cuma numpang di hostingnya Google. Semoga dengan ini stigma tersebut bisa hilang ya.

  3. Dapat meningkatkan score SEO. Dengan HTTPS, ranking blog di Google dan mesin pencari lain akan membaik. Jadi nggak ada salahnya kamu coba untuk mengubah HTTP ke HTTPS di Blogger custom domain.

Kekurangan
  1. Selama masa peralihan dari HTTP ke HTTPS, mungkin traffic akan menurun beberapa hari sampai Google selesai mengindex ulang semua URL blog kamu yang sudah ber-HTTPS.

  2. Terjadinya "Mixed Content", yaitu percampuran antara konten yang menggunakan HTTP dan HTTPS yang mengakibatkan SSL nggak berjalan sempurna (icon gembok warna hijau nggak muncul). Solusinya kamu harus mengganti semua konten yang memiliki URL HTTP ke HTTPS. Misalnya internal link, gambar, script external, dan sebagainya.

    Contoh:
    http://tempatgambar.com/banner.jpg
    http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js

    Ganti menjadi:
    https://tempatgambar.com/banner.jpg
    https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js



  3. Jumlah share ke media sosial kembali nol karena dianggap URL baru. Buat saya ini penting sih, nggak tau kalau buat yang lain.
    Cara Ganti HTTP ke HTTPS di Blogspot

Jangan Lupa Lakukan Ini Jika Selesai Mengaktifkan SSL di Blogger Custom Domain

Kamu harus membuat property baru di Google Webmaster dengan URL yang sudah menggunakan HTTPS. Buat sitemap baru lalu submit.

Selesai deh, cuma gitu doang. Sekarang mengaktifkan HTTPS (SSL) di Blogger custom domain sudah nggak seribet pakai Cloudflare, kan?